HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMA’AH DENGAN PERILAKU SISWA (Studi di MA Hidayatul Mubtadi-ien Sobang, Kabupaten Pandeglang)

YULIANDARI, DEVI (2017) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMA’AH DENGAN PERILAKU SISWA (Studi di MA Hidayatul Mubtadi-ien Sobang, Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (120kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (293kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (136kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (172kB)
[img] Teks (RIWAYAT HIDUP)
RIWAYAT HIDUP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (82kB)

Abstrak

Perilaku negatif sebagian remaja, siswa pada akhir-akhir ini telah melampaui batas kewajaran karena telah menjurus kepada tindakan melawan hukum, melanggar tata tertib, melanggar moral agama, kriminal dan telah membawa akibat yang sangat merugikan masyarakat. Kenakalan remaja dapat dikatakan wajar, jika perlaku itu dilakukan dalam rangka mencari identitas diri, serta tidak membawa akibat yang membahayakan kehidupan orang lain dan masyarakat. Disiplin menjadi alat yang ampuh dalam mendidik karakter atau perilaku seseorang. shalat itu dapat merubah moral atau perilaku seseorang menjadi lebih baik. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengembangkan aspek perilaku dan moral siswa adalah mendisiplinkan ibadah shalat berjama’ah. Oleh karena itu, siswa yang disiplin melaksanakan shalat berjamaah seharusnya mampu menumbuhkan perilaku yang positif, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Dilihat dari latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana Kedisiplinan Shalat Berjama’ah Siswa/i di MA Hidayatul Mubtadi-ien Sobang, Pandeglang?; 2). Bagaimana Perilaku Siswa/i di MA Hidayatul Mubtadi-Ien Sobang, Pandeglang?; 3). Apakah Terdapat Hubungan antara Kedisiplinan Shalat Berjama’ah dengan Perilaku Siswa? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui kedisiplinan shalat berjama’ah Siswa/i di MA Hidayatul Mubtadi-ien Sobang Pandeglang.; 2). Untuk mengetahui Perilaku Siswa/i di MA Hidayatul Mubtadi-ien Sobang, Pandeglang.; 3). Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kedisiplinan shalat berjama’ah terhadap perilaku siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian korelasional. Dalam penelitian ini mengambil sampel 30% dari jumlah siswa 114 orang sehingga memperoleh 34 siswa yang diambil dari kelas X. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara dokomentasi dan penyebaran angket. Teknik sampling yang diambil adalah random sampling (sampel acak). Hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil analisa korelasi dengan menggunakan Product Moment (rxy) diperoleh r = 0,61. Hal ini menunjukan bahwa antara Kedisiplinan Shalat Berjama’ah (variable X) dengan Perilaku Siswa (variable Y) terdapat korelasi yang tinggi atau kuat. Adapun Kedisiplinan Shalat Berjama’ah (variabel X) dengan Perilaku Siswa (variabel Y) diketahui 37,21 %, Sedangkan sisanya (62,79%) dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: Menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kedisiplinan shalat berjama’ah dengan perilaku siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan Siswa; Shalat Berjama'ah; Periaku siswa; Psikologi Pendidikan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 26 Mar 2017 12:23
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2017 12:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.