KAMALIYYAH, NAJWA (2018) 1 PENERAPAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBUAT PENGUMUMAN ( PTK di Kelas I V MI Raudho tul Ulum Kalideres Jakarta Barat ). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (FULL PAPER)
SKRIPSI LENGKAP.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
T ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas pembelajaran guru dan peserta didik pa da pembela jaran Bahasa Indonesia melalui s trategi Lightening the Learning Climate dan untuk m eningkatan mo tivasi belajar siswa dengan m enerap k an Strategi Lightening the Learning Climate . Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa yang kurang f okus dalam pembelajaran karena metode pengajaran yang digunakan kurang memotivasi siswa. Pendekatan peneliti a n yang digunak a n dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi pen ingkatan pada hasil aktifitas pembelajaran guru dan peserta didik , dan juga terjadi peningkatan pada hasil motivasi belajar siswa. D a ri h a sil ev a lu a si, refleksi, d a n perb a ik a n y a ng dil a kuk a n p a d a a khir siklus, diperoleh deskripsi pene ra p a n str a tegi Lighten ing the Learning Climate d a l a m emp a t l a ngk a h, y a itu 1) guru menjel a sk a n b a g a im a n a str a tegi Lightening the Learning Climate ini diter a pk a n oleh sisw a di d a l a m pembel a j a r a n; 2) sisw a membu a t sub - sub kelompok p a d a pembel a j a r a n B a h a s a Indonesi a 3) sisw a berd iskusi deng a n tem a n kelompok mereka tent a ng pengumum a n y a ng a k a n merek a bu a t deng a n kre a tifit a s kelompok m a sing - m a sing 4) h a sil membu a t pengumum an da ri seti a p kelompok dipresent a sik a n di d e p a n kel a s. J a di d a p a t disimpulk a n b a hw a pener a p a n str a tegi Lighteni ng the Learning Climate ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahas a Indonesia .
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 30 Jun 2018 02:42 |
Perubahan Terakhir: | 30 Jun 2018 02:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2204 |
Actions (login required)
Lihat Item |