PENGARUH PENGGUNAAN METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM (Kuasi Eksperimen di Kelas IV MI Al-Khairiyah Karanganyar Ciruas)

WIDYANINGRUM, LINDA ISLAMIA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM (Kuasi Eksperimen di Kelas IV MI Al-Khairiyah Karanganyar Ciruas). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
Cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (180kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (242kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (475kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (308kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (94kB) | Pra Tinjau

Abstrak

M etode Gallery Walk adalah suatu metode yang menerapkan dengan pameran/hasil karya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode gallery walk terhadap pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaat kan sumber daya alam kelas IV MI Al - Khairiyah Karanganyar?” (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode G a lery W alk terhadap pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam kelas IV MI Al - Khairiyah Karanganyar?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar siswa dengan melakukan eksperimen pengaruh metode Gallery W alk terhadap materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dalam pembelajaran IPS kelas IV MI Al - Khairiyah Kar anganyar . Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one group design. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas I V MI Al - khairiyah Karanganyar Ciruas berjumlah 35 siswa. H asil akhir penerapan metode Galery Walk pada materi IPS kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas I V MI Al - Khairiyah Karanganyar Ciruas sebesa r 80 % dengan kategori baik , dengan nilai rata - rata pretest diperoleh sebesar 46.76 sedangkan hasil belajar post test yaitu diperol eh sebesar 77.79 . Hasil uji statistik dengan menggunakan uji t pada pre test dan post test diperoleh t hitung sebesar - 20.833 dan diketahui b ahwa pengaruh penerapan metode Galery Walk tersebut adalah signifi kan dengan taraf 5% adalah 2.04 atau t hitung > t tabel ( - 20.833 > 2.04 ) yang artinya H o ditolak dan H a diterima d engan nilai korelasi sebesar 482 . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Galery Walk berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas I V materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Galery Walk, Hasil Belajar, IPS
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 25 Mei 2018 07:15
Perubahan Terakhir: 25 Mei 2018 07:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.