PENGARUH METODE GUESSING WORDS PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA(Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Saruni 2 Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang)

FATMAWATI, RT. IFAT (2018) PENGARUH METODE GUESSING WORDS PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA(Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Saruni 2 Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (120kB)
[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN (ABSTRAK, DLL))
PENGESAHAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (320kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
BAB 1-5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (871kB)

Abstrak

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan keaktifan siswa dalam belajar. Ketika proses pembelajaran berlangsung aktivitas siswa sangat diperlukan dalam kegiatan belajar - mengajar sehingga terbentuknya proses pembelajaran yang kr eatif dan inovatif, tidak terlepas dari peran guru yang selalu membimbing siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan bermakna. Oleh karena itu guru memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai pembelajaran yang bermakna. Rumusan masalah dar i penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode Guessing Words pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Guessing Words terhadap hasil belajar siswa tema Indahnya Kera gaman di Negeriku. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non equevalent group design . Adapun responden sampel diambil dari jumlah populasi siswa SDN Saruni 2 se banyak 60 siswa, yaitu kelas 4 A 28 siswa dan 4 B 30 siswa, samp el peroleh berdasarkan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku yang cukup rendah, kelas 4 B dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas 4 A dipilih sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis akhir diperol eh nilai rata - rata sebelum 34.06 dan sesudah 78.43 terlihat bahwa rata - rata sebelum mendapatkan treatment lebih kecil dibandingkan dengan rata - rata sesudah mendapatkan treatment terhadap kelas 4 B . kesimpulan dari penelitian ini bahwa ter d a pat pengaruh penggunaan metode Guessing Words terhadap hasil belajar siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): HASIL BELAJAR
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 25 Mei 2018 07:15
Perubahan Terakhir: 25 Mei 2018 07:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.