BADUY MUSLIM (Studi Tentang Aktivitas Dakwah di Baduy Luar)

SURYANA, SURYANA (2017) BADUY MUSLIM (Studi Tentang Aktivitas Dakwah di Baduy Luar). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (100kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (390kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (382kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (415kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (84kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18kB)

Abstrak

Komunitas Baduy dikenal sebagai komunitas yang sangat kuat dalam memegang ajaran dan adat istiadat untuk senntiasa bertanggung jawab menjaga keutuhan dan kelestarian alam sebagai ciptaan Tuhan, yang disebut dengan ajaran Slam Sunda Wiwitan atau yang dikenal dengan Sunda Wiwitan saja. Akan tetapi setelah dakwah Islam masuk banyak juga di antara mereka yang melakukan pindah kepercayaan atau pindah agama menjadi penganut agama Islam. Dalam kaitan itulah, maka timbul pertanyaan, 1). Bagaimana aktifitas dakwah di Baduy luar?, 2). Bagaimana kondisi keagamaan masyarakat Baduy luar yang memeluk Islam?, 3). Bagaimana dinamika sosial masyarakat Baduy? Dari ketiga rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitiannya adalah, 1). Untuk mengetahui metode yang ditempuh para Da'I dalam menyebarluaskan Islam di Baduy luar. 2). Untuk mengetahui kondisi keagamaan masyarakat Baduy luar yang memeluk Islam. 3). Untuk mengetahui dinamika sosial masyarakat Baduy. Metode yang digunakan untuk memahami persoalan ini adalah metode kualitatif dengan format desain deskriptif analisis, yaitu dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi , wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Banyak organisasi yang terlibat dalam gerakan dakwah di Baduy Luar, diantara organisasi itu adalah Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII), Muhammadiyah, Al Washliah, dan Jamaah Tablig. Dari sekian banyak organisasi yang bergerak dalam dakwah di Baduy Luar, yang bertahan dan masih eksis dalam berdakwah hingga sekarang adalah Muhammadiyah. Dalam kehidupan keseharian Orang Baduy, meskipun secara identitas keagamaan mereka sudah berubah, akan tetapi terkadang dalam prilaku sehari-hari; baik itu cara berpakaian, bekerja, bahkan beribadah pun identitas ke-Baduy-an mereka tidak hilang. Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat Baduy pun menyadari bahwa mereka sedang dihadapkan dengan perubahan dan perkembangan zaman. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa banyak masyarakat Baduy yang secara sosial dan budaya sudah berubah, yang tidak lain disebabkan oleh adanya konflik, melanggar adat, "gerah" kepada hukuman adat, menjalani kehidupan yang susah di Baduy dan memiliki keyakinan bahwa kehidupan di luar Baduy lebih mudah, dan juga alasan ekonomi dan lain-lain. Selain itu, juga dipengaruhi oleh adanya tuntutan kestabilan kehidupan, hubungan interaksi dan juga karena adanya pengaruh kebudayaan lain yang berbeda dengan melalui kontak kebudayaan secara langsung. Secara otomatis dua faktor ini sangat mempengaruhi sosial dan kebudayaan masyarakat Baduy, khususnya masyarakat Baduy Muslim.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 26 Mar 2017 12:22
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2017 12:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.