PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KALANGAN EKONOMI RENDAH (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Jauharotunnaqiyah Priuk Kota Cilegon)

Sholihah, Siti Jamiatu (2017) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KALANGAN EKONOMI RENDAH (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Jauharotunnaqiyah Priuk Kota Cilegon). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER; ABSTRAK; LAMPIRAN DEPAN)
0 cover dll Siti Jamiatu Sholihah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN INSTRUMEN PENELITIAN)
6 Lampiran Siti Jamiatu Sholihah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
1-5 Bab I-V Siti Jamiatu Sholihah pdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (359kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Siti Jamiatu Sholihah, “Peran Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Kalangan Ekonomi Rendah” di Madrasah Ibtidaiyah Al-Jauharotunnaqiyah Priuk Kota Cilegon. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Pascasarjana. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran PAI dalam pembentukan sikap kepedulian sosial pada siswa kalangan ekonomi rerndah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek guru, siswa dan kepala madrasah. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi data teknik untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap kepedulian sosial dapat muncul dan berkembang pada siswa kalangan ekonomi rendah di suatu sekolah disebabkan adanya proses pembelajaran. Proses pembelajaran itu meliputi pemberian motivasi, nasehat, cerita, ibarah, teguran, hukuman dan pujian (Verbal). Dan pemberian contoh/keteladanan, penegakan kedisiplinan, pembiasaan, kegiatan spontan dan teguran, pemberian reward dan hukuman serta adaptasi terhadap.lingkungan (non Verbal), yang dilaksanakan dengan baik dan maksimal dengan mengintegrasikan proses pembelajaran di dalam kelas, maupun pembelajaran tambahan di luar jam pelajaran

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran PAI; Sikap Kepedulian Sosial; Masyarakat Ekonomi Rendah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Pascasarjana
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 26 Mar 2017 12:22
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2017 12:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.