Rosdiana, Risna (2025) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik Kepada Guru (Studi di SMP Negeri 8 Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210153_COVER.pdf Download (199kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210153_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (476kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210153_BAB I.pdf Download (338kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210153_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (653kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210153_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (328kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210153_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (560kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210153_BAB V.pdf Download (158kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210153_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
Abstrak
Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak siswa di SMP Negeri 8 Kota Cilegon yang kurang sopan terhadap guru ketika proses pembelajaran di kelas, khususnya pada kelas VIII hal itu karena kurangnya keteladanan yang konsisten dari guru dalam menunjukkan kompetensi kepribadian yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa kepada guru di SMP Negeri 8 Kota Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 224 siswa. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII A dan VIII G yang berjumlah 50 siswa, dipilih menggunakan teknik random sampling. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Desain penelitian yang digunakan adalah desain korelasi, dengan pengumpulan data melalui kuesioner/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa nilai rata-rata 60,78. Berdasarkan tabel 4.6, nilai 60,78 berada para interval 58 – 63 dengan kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru di SMP Negeri 8 Cilegon terbilang cukup baik dengan presentase 38 %, 2. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa rata-ratanya 63. Berdasarkan tabel 4.6, nilai 63 berada para interval 61 – 66 dengan kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa akhlak siswa kepada guru di SMP Negeri 8 Cilegon terbilang cukup baik dengan presentase 26 %. 3. Dari hasil output diketehui bahwa nilai Fhitung = 22.190 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, nilai hubungan/korelasi (R) adalah 0,562, dengan koefisien derteminan (R square) sebesar 0,816, dan nilai pearson correlation sebesar 0,562. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa kepada guru sebesar 81 % dengan tingkat hubungan variabel tersebut sedang. (lihat tabel interpretasi nilai koefisien korelasi 4.17).
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Kompetensi Guru, Kepribadian Guru |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 06 Nov 2025 04:34 |
| Perubahan Terakhir: | 06 Nov 2025 04:34 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17723 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
