Pengembangan Media Flashcard IPA Terintegrasi Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Puteri, Suci Nabila (2025) Pengembangan Media Flashcard IPA Terintegrasi Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240007_COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240007_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (459kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240007_BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240007_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (493kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240007_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (788kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240007_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (2MB)
[img] Teks
S_PGMI_211240007_BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240007_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar flashcard dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan uji kelayakan pada media ini mendapatkan masing-masing presentasi validator ahli materi 92% dan validator ahli media 90% dengan demikian berdasarkan kriteria termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ajar flashcard dinyatakan layak digunakan dengan hasil rekapitulasi validasi sebesar 91%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Adapun uji efektivitas media ajar flashcard dalam keterampilan berpikir kritis dilakukan melalui pre-test dan post-test menggunakan rumus N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain menunjukkan skor 0,76 (76%), yang tergolong dalam kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan memiliki kriteria tinggi. Dengan demikian, media ajar flashcard terbukti efektif untuk keterampilan berpikir kritis siswa khususnya pada mata pelajaran IPAS.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Flashcard, Keterampilan Berpikir Kritis, IPAS
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 16 Sep 2025 07:48
Perubahan Terakhir: 16 Sep 2025 07:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17560

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.