Pengembangan Media Tapirsanjang pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Research and Development di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sukajaya)

Fauziyah, Siti Nur (2025) Pengembangan Media Tapirsanjang pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Research and Development di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sukajaya). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240075_Cover.pdf

Download (99kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240075_Lampiran Depan.pdf

Download (741kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240075_Bab I.pdf

Download (244kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240075_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (294kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240075_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (482kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240075_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (716kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240075_Bab V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240075_Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran Tapirsanjang guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Matematika materi satuan panjang di kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Tapirsanjang dinyatakan layak berdasarkan validasi ahli materi sebesar 88% dan validasi ahli media sebesar 90%, dengan rata-rata kelayakan 89% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Selain itu, efektivitas media ini juga dibuktikan melalui hasil uji N-Gain sebesar 74,9% yang tergolong tinggi, sehingga menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa setelah penggunaan media. Berdasarkan hasil angket respon siswa, media ini juga dinyatakan praktis dan menarik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, media Tapirsanjang efektif dan layak digunakan sebagai media ajar pada materi satuan panjang di kelas IV.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media tapirsanjang, berpikir kritis, matematika, satuan panjang, model ADDIE
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 09 Sep 2025 03:46
Perubahan Terakhir: 09 Sep 2025 03:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17521

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.