UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DI KELAS VIII ( PTK di MTs Al-Khairiyah Pabuaran )

SUSILAWATI, SILVIA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DI KELAS VIII ( PTK di MTs Al-Khairiyah Pabuaran ). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL PAPER)
SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (963kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII melalui penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran True or False (benar atau salah) pada materi makanan dan minuman yang halal dan haram. Latar belakang penelitian ini adalah nilai hasil belajar siswa yang masih dibawah rata-rata karna kurang aktivnya siswa di kelas, kelas terlalu didominasi oleh guru siswa jarang diikutsertakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang memahami materi pembelajaran yang menyebabkan nilai mereka dibawah nilai KKM. Pendekatan peneltian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Terdapat lima indikator yang dipilih sebagai kriteria pemahaman materi Fikih yakni yang pertama kegiatan mengamati, kedua yakni kegiatan menanya, ketiga yaitu kegiatan mencoba (mengumpulkan informasi), keempat yaitu kegiatan menalar (mengolah informasi), dan kelima yaitu kegiatan menyajikan (mengkomunikasikan). Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil tes yang diperoleh siswa disetiap siklusnya meningkat, selain itu aktivitas siswa dalam kelaspun meningkat. Dari hasil evaluasi, refleksi dan perbaikan yang dilakukan pada siklus akhir, jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan menggunakan strategi pembelajaran True or False (benar atau salah) dalam pembelajaran Fikih kelas VIII-A mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): HASIL BELAJAR
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 09 Feb 2018 09:38
Perubahan Terakhir: 09 Feb 2018 09:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.