Penggunaan Media Pembelajaran Game Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Siswa Tunagrahita Ringan di SKh Negeri 02 Kota Serang

Nurlaila, Anna Ginawati (2025) Penggunaan Media Pembelajaran Game Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Siswa Tunagrahita Ringan di SKh Negeri 02 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PAI_211210031_Cover.pdf

Download (193kB)
[img] Teks
S_PAI_211210031_Lampiran Depan.pdf

Download (713kB)
[img] Teks
S_PAI_211210031_Bab I.pdf

Download (305kB)
[img] Teks
S_PAI_211210031_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (618kB)
[img] Teks
S_PAI_211210031_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (262kB)
[img] Teks
S_PAI_211210031_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (684kB)
[img] Teks
S_PAI_211210031_Bab V.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
S_PAI_211210031_Daftar Pustaka.pdf

Download (242kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi media pembelajaran game flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada siswa tunagrahita ringan, untuk mengetahui kemampuan membaca huruf hijaiyah pada siswa tunagrahita ringan, untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat dari penerapan media pembelajaran game flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada siswa tunagrahita ringan di SKh Negeri 02 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi, catatan lapangan, dan pengecekan anggota. Teknik analisis data meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verivikasi (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan media pembelajaran game flashcard dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam usaha meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan membaca huruf hijiayah siswa tunagrahita ringan. Penggunaan game flashcard sebagai media pembelajaran telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah bagi siswa tunagrahita ringan kelas VI SDKh di SKh Negeri 02 Kota Serang. Media pembelajaran ini menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif, yang sesuai dengan karakteristik siswa tunagrahita ringan yang membutuhkan penedekatan pembelajaran yang visual, nyata, dan berulang. Adapun saran penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan bisa dikembangkan dengan baik yang berkaitan dengan penggunaan media game flashcard dalam mengenalkan dan meningkatkan membaca huruf hijaiyah kepada siswa tunagrahita ringan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media game flashcard, huruf hijaiyah, tunagrahita ringan
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 03 Sep 2025 03:33
Perubahan Terakhir: 03 Sep 2025 03:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17491

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.