Septiani, Rahma Dwi (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kisah Keteladanan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (R&D di Kelas VIII MTs Negeri 1 Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PAI_211210027_Cover.pdf Download (146kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210027_Lampiran Depan.pdf Download (845kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210027_Bab I.pdf Download (340kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210027_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (426kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210027_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (445kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210027_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (713kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210027_Bab V.pdf Download (101kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210027_Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran film animasi pada materi kisah keteladanan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 1 Kabupaten Serang. 2) Untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran film animasi pada materi kisah keteladanan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 1 Kabupaten Serang. 3) Untuk mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran film animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 1 Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengacu pada Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE, yang terdiri dari lima langkah: 1) Analysis (analisis), 2) Design (desain), 3) Development (pengembangan), 4) Implementation (implementasi), 5) Evaluation (evaluasi). Media pembelajaran film animasi ini divalidasi oleh validator ahli media, validator ahli materi, serta diujicobakan kepada siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Kabupaten Serang. Penilaian kelayakan media menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis data penilaian ahli media sebesar 84% berada pada kategori “Sangat Layak”, penilaian ahli materi sebesar 92% berada pada kategori “Sangat Layak”, penilaian siswa pada tahap uji coba skala kecil memperoleh nilai 79,6% berada pada kategori “Layak”, pada tahap uji coba lapangan dalam skala besar memperoleh nilai 78,64% berada pada kategori “Layak”. Sehingga media film animasi dengan materi kisah keteladanan Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A. memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh dari penilaian pre-test dan post test. Nilai rata-rata Post test lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pre-test yaitu 85 > 65,5. Hasil analisis N-gain diperoleh skor sebesar 0,56 dengan kategori sedang, dan berada pada skor 56% berdasarkan pada persentase tingkat keefektifan penggunaan media pembelajaran film animasi dengan kategori “Cukup Efektif”.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pengembangan, media pembelajaran film animasi, akidah akhlak |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 27 Aug 2025 03:49 |
| Perubahan Terakhir: | 27 Aug 2025 03:49 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17435 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
