Pengaruh Model Cooperative Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IX pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi di Sekolah Menengah Pertama Negeri Pasar Kemis)

Syirojudin, Ahmad (2025) Pengaruh Model Cooperative Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IX pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi di Sekolah Menengah Pertama Negeri Pasar Kemis). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210054_Cover.pdf

Download (262kB)
[img] Teks
S_PAI_201210054_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_201210054_Bab I.pdf

Download (281kB)
[img] Teks
S_PAI_201210054_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (742kB)
[img] Teks
S_PAI_201210054_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (582kB)
[img] Teks
S_PAI_201210054_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (700kB)
[img] Teks
S_PAI_201210054_Bab V.pdf

Download (303kB)
[img] Teks
S_PAI_201210054_Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepribadian Cooperative Learning terhadap Pemahaman Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Pasar Kemis Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode Kuantitatif, dengan subyek penelitian kepada kelas IX 1 dan IX 2 dan juga guru mata pelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui pre-test, post-test dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Model pembelajaran cooperative learning secara signifikan mempengaruhi Pemahaman siswa kelas IX SMP Negeri 4 Pasar Kemis, Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis penelitian (uji-t) yang menunjukkan bahwa thitung (3,902) > ttabel (2 048) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kenaikan pre-test post- test pada kelas eksperimen sebesar 18 14 sedangkan pada kelas kontrol kenaikan pre-test post-test 13 33. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti pada kelas VIII SMP Negeri 4 Pasar Kemis.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Cooperative learning, model pembelajaran
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 27 Aug 2025 03:36
Perubahan Terakhir: 27 Aug 2025 03:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17434

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.