Fitriyaningsih, Fitriyaningsih (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Siswa Belajar Melalui Penerapan Metode Jigsaw pada Pelajaran PKn Materi Mengamalkan Nilai Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240007_Cover.pdf Download (434kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240007_Lampiran Depan.pdf Download (799kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240007_Bab I.pdf Download (292kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240007_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (502kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240007_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (701kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240007_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (765kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240007_Bab V.pdf Download (252kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240007_Daftar Pustaka.pdf Download (236kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang memuaskan di SDN Cangkring kelas V dalam pembelajaran PKN materi mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat dari hasil tes siswa yang belum mendapatkan hasil belajar yang kurang baik karena banyak siswa yang tidak mencapai nilai KKM PKN yang telah di tetapkan . Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Classroom Action Research. Penelitian dilaksanakan dalam bidang PKN di kelas V SDN Cangkring . pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,observasi dan tes. Sedangkan pengolahan datanya dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran PKN dengan menggunakan metode Jigsaw lebih efektif selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat pada table aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada siklus 1 yaiti 60% atau masuk kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 85% atau kategori sangat baik. Hasil belajar siswa dalam meningkatkan pembelajaran PKN materi mengamalkan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari ,dengan menggunakan metode jigsaw setiapsiklusnya mengalami peningkatan yaitu darinilai rata-rata pada prasiklus I sebesar 61,11 dengan presentasi ketuntasan 48,14%. Siklus I mencapai nilai rata rata kelas 67,40 dengan ketuntasan belajar 59,25%. Pada siklus II mencapai ketuntasan belajar 88,88% dab=n nilai rata-rata kelas 84,44.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Metode jigsaw, mengamalkan pancasila, PKn |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 25 Aug 2025 02:47 |
| Perubahan Terakhir: | 25 Aug 2025 02:47 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17409 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
