Pengaruh Penggunaan Media Kantong Bilangan Terhadap Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Di Kelas III Sekolah Dasar (Studi di SDN KOLELET 2 Kec. Picung Kab. Pandeglang)

Nurpiani, Rika (2025) Pengaruh Penggunaan Media Kantong Bilangan Terhadap Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Di Kelas III Sekolah Dasar (Studi di SDN KOLELET 2 Kec. Picung Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240014_COVER.pdf

Download (249kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240014_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (773kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240014_BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240014_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (217kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240014_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (413kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240014_BAB IV.pdf

Download (389kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240014_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep dasar perkalian siswa pada siswa kelas III Sekolah Dasar, mendeskripsikan pemahaman konsep dasar perkalian siswa setelah penerapan media kantong bilangan pada siswa kelas III Sekolah Dasar dan mengetahui pengaruh media kantong bilangan terhadap pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah satu kelas yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa setelah pembelajaran menggunakan media kantong bilangan. Berdasarkan hasil uji-t dengan menggunakan Paired Sample T Test, nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep dasar perkalian setelah penggunaan media kantong bilangan pada siswa kelas III SDN Kolelet 2 Kecamatan Picung, Kabupaten Pandeglang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Kantong Bilangan, Pemahaman Konsep Perkalian
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 20 Aug 2025 07:35
Perubahan Terakhir: 20 Aug 2025 07:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17385

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.