Uday, Muhamad (2025) Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kragilan Kab. Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PAI_211210042_Cover.pdf Download (125kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210042_Lampiran Depan.pdf Download (644kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210042_Bab I.pdf Download (530kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210042_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (514kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210042_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (787kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210042_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (848kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210042_Bab V.pdf Download (380kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210042_Daftar Pustaka.pdf Download (428kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh prestasi belajar Pendidikan Agam Islam terhadap perilaku siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kragilan, bagaimana perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kragilan, adakah pengaruh prestasi belajar Pendidikan Agam Islam terhadap perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Negeri 4 Kragilan termasuk pada kategori sedang (baik), hal ini dibuktikan dari hasil olah data variabel X yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata PAS (Penilaian Akhir Semester) tahun ajaran 2024/2025 adalah 83,16 berada pada rentang frekuensi 80-84 (B), demikian pula perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kragilan termasuk pada kategori baik, hal ini dibuktikan bahwa perilaku hormat dan santun kepada guru, orang tua, dan sesama mendapat nilai rata-rata 2,99, perilaku suka bekerja keras mendapat rata-rata nilai 3, perilaku peduli dan suka membantu mendapat rata-rata nilai sebesar 2,97, perilaku terpercaya mendapat rata-rata nilai 3,05, perilaku disiplin mendapat rata-rata nilai 3,08, perilaku jujur mendapat rata-rata nilai 3,14, perilaku pemaaf a mendapat rata-rata nilai sebesar 3,07. Hasil analisis data yang menunjukkan nilai t-hitung sebesar -3,316 < -1,964 (t-tabel N-2) ke arah negatif. Hasil tabel ANOVA yang ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 taraf signifikansi 5% berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel prestasi belajar Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku siswa SMP Negeri 4 Kragilan mamapu menerangkan atau menjelaskan pada variabel perilaku siswa sebesar 14,8% sedangkan sisanya 100% - 14,8% = 85,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk ke dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar pendidikan agama islam terhadap perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kragilan.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Prestasi belajar, pendidikan agama Islam, perilaku siswa |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 20 Aug 2025 02:07 |
| Perubahan Terakhir: | 20 Aug 2025 02:07 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17376 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
