Mutiarani, Shopia (2025) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Menggunakan Media Kancing Positif Dan Negatif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD (Kuasi Eksperimen dikelas IV SDN Cipocok Jaya 1). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240028_COVER.pdf Download (136kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240028_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (935kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240028_BAB I.pdf Download (200kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240028_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (232kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240028_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (283kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240028_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (439kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240028_BAB V.pdf Download (67kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240028_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan media kancing positif dan negatif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Dengan jumlah sampel 32 siswa, penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu Kelas IV A berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV B berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan media kancing positif dan negatif dibandingkan dengan yang menggunakan metode ceramah. Nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai rata rata pretest kelas kontrol sebesar 84,84 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 87,03. Sedangkan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 68,89 setelah dilakukan treatment dengan pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan media kancing adanya peningkatan menjadi 92,66. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan media kancing positif dan negatif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa IV SD.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Media Kancing Positif Dan Negatif, Ketarampilan Berpikir Kritis. |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 19 Aug 2025 08:30 |
| Perubahan Terakhir: | 19 Aug 2025 08:30 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17374 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
