PERSEPSI SISWA TENTANG MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi di MA. Al-I’anah Jangkar Wetan - Cilegon)

MAIDAH, ANIFATUL (2018) PERSEPSI SISWA TENTANG MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi di MA. Al-I’anah Jangkar Wetan - Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
1..pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (182kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (561kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
3. SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (864kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Untuk mengetahui Persepsi siswa tentang mata pelajaran SKI di MA. Al-I’anah Jangkar Wetan, 2) mengetahui Motivasi Belajar Siswa di MA. Al-I’anah Jangkar Wetan, 3) untuk mengetahui persepsi siswa tentang Mata Pelajaran SKI hubungannya terhadap motivasi belajar siswa di MA. AlI’anah Jangkar Wetan. Penelitian ini dilaksanakan di MA. Al-I’anah Jangkar Wetan – Cilegon dengan menggunakan metode deskriptif (pemaparan), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif (perhitungan), instrument penelitiannya adalah menggunakan angket dan teknik sampling serta teknik analisis datanya adalah teknik analisis korelasional. Dapat diketahui bahwa hasil jawaban responden pada persepsi siswa tentangg mata pelajaran SKI (Variabel X) sebesar 84,65%. Setelah dikonsultasikan dengan tabel kategori persentase, ternyata angka (84,65%) berada diantara (76% - 100%), yang berarti variabel X (Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran SKI) termasuk dalam kategori baik. Dapat diketahui bahwa hasil jawaban responden pada persepsi siswa tentangg mata pelajaran SKI (Variabel X) sebesar 78,65%. Setelah dikonsultasikan dengan tabel kategori persentase, ternyata angka (78,65%)berada diantara (76% - 100%), yang berarti variabel Y (Motivasi Belajar Siswa) termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil deskripsi data dengan menggunakan product moment (rxy) diperoleh hasil 0,91 dan nilai t hitung 32,9 lebih besar dari pada nilai t tabel 2,13. Interpretasinya antara persepsi siswa tentang mata pelajaran SKI hubungannya terhadap motivasi belajar siswa terdapat korelasi sangat tinggi. Hal ini berdasarkan hasil uji signifikasi diketahui bahwa t hitung (32,9) > ttabel (2,13). Adapun kontribusinya sebesar 83% hubungan persepsi siswa tentang mata pelajaran SKI terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan sisanya sebesar 17% dipengaruhi faktor lain. Sehingga persepsi siswa tentang mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam hubungannya dengan motivasi belajar siswa tergolong signifikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Persepsi Siswa, Motivasi Belajar Siswa
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 08 Feb 2018 01:57
Perubahan Terakhir: 08 Feb 2018 01:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.