Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMPIT Widya Cendekia Kota Serang

Niswati, Anita Khusnun (2025) Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMPIT Widya Cendekia Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_211210053_COVER.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_PAI_211210053_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (863kB)
[img] Teks
S_PAI_211210053_BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Teks
S_PAI_211210053_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (440kB)
[img] Teks
S_PAI_211210053_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (777kB)
[img] Teks
S_PAI_211210053_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (845kB)
[img] Teks
S_PAI_211210053_BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_PAI_211210053_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan bagaimanakah penerapan metode mind mapping, bagaimanakah hasil belajar siswa, dan adakah pengaruh Metode Mind Mapping di kelas VII SMP IT Widya Cendekia Kota Serang. Dan manfaatnya adalah semua pemangku kepentingan diharapkan dapat memperoleh manfaat dari hasil penelitian ini, baik secara konseptual maupun praktis. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu Kelas VII B berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D berjumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran mind mapping dibandingkan dengan yang menggunakan metode konvensional. Nilai signifikansi sebesar 0,028 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai rata rata pretest kelas kontrol sebesar 80,75 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 82,94. Sedangkan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar79,56 setelah dilakukan treatment dengan metode pembelajaran metode mind mapping adanya peningkatan menjadi 82,56. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hasil Belajar, Metode Mind Mapping
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 13 Aug 2025 04:14
Perubahan Terakhir: 13 Aug 2025 04:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17320

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.