Pengemabangan Video Pembelajaran Materi Toleransi Berbasis Edpuzzle (Studi Pengembangan di SMAN 25 Kab. Tangerang)

Febriyanti, Alda (2025) Pengemabangan Video Pembelajaran Materi Toleransi Berbasis Edpuzzle (Studi Pengembangan di SMAN 25 Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_211210047_Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Teks
S_PAI_211210047_Lampiran Depan.pdf

Download (451kB)
[img] Teks
S_PAI_211210047_BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Teks
S_PAI_211210047_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (334kB)
[img] Teks
S_PAI_211210047_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (254kB)
[img] Teks
S_PAI_211210047_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (819kB)
[img] Teks
S_PAI_211210047_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_PAI_211210047_Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa video pembelajaran materi toleransi berbasis edpuzzle yang dikembangkan, untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran materi toleransi berbasis edpuzzle serta untuk mengetahui kepraktisan video pembelajaran materi toleransi berbasis edpuzzle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunkan model Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan agket dengan Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif untuk wawancara dan angket serta teknik analisis data kuantitatif untuk angket. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan suatu produk media video pembelajaran materi toleransi berbasis Edpuzzle yang sudah melewati tahap uji kelayakan. Uji validitas oleh ahli materi/isi mendapat skor 86,67% dengan kualifikasi baik. Sedangkan uji validitas oleh ahli media/desain mendapat skor 88,33% dengan kualifikasi baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran materi toleransi berbasis Edpuzzle layak diimplementasikan. Pada tahap uji coba kepraktisan penggunaan media video pembelajaran materi toleransi berbasis Edpuzzle mendapat skor 90% dengan kualifikasi sangat baik. Pada penelitian dan pengembangan ini pula peneliti meminta respon guru PAI terkait media yang dikembangkan maka hasil yang didapatkan adalah 94% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan skor dan kualifikasi yang didapatkan maka media video pembelajaran materi toleransi berbasis Edpuzzle dianggap praktis digunakan dalam pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan, Video Pembelajaran, Edpuzzle
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Aug 2025 03:54
Perubahan Terakhir: 13 Aug 2025 03:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17316

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.