Implementasi Metode Scanning dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur'an Siswa (Studi di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mathla'ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang)

Ma'ali, Padilatul (2024) Implementasi Metode Scanning dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur'an Siswa (Studi di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mathla'ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210096_Cover.pdf

Download (413kB)
[img] Teks
S_PAI_201210096_Lampiran Depan.pdf

Download (949kB)
[img] Teks
S_PAI_201210096_Bab I.pdf

Download (496kB)
[img] Teks
S_PAI_201210096_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (798kB)
[img] Teks
S_PAI_201210096_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (580kB)
[img] Teks
S_PAI_201210096_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (871kB)
[img] Teks
S_PAI_201210096_Bab V.pdf

Download (408kB)
[img] Teks
S_PAI_201210096_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan implementasi metode scanning dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Quran siswa. untuk mengetahui fakor penghambat implementasi metode scanning, Untuk mengetahui solusi untuk mengatasi factor penghambat implementasi metode scanning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan siswa kelas VII di MTs Mathla‟ul Anwar Pusat Menes Kab. Pandeglang sebanyak 20 siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, test dan dokumentasi untuk mengidentifikasi peningkatan kemampuan hafalan sebelum dan sesudah implementasi metode scanning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode scanning secara konsisten dapat meningkatkan kemampuan hafalan siswa, khususnya dalam hal kecepatan dan ketepatan dalam mengingat ayat-ayat Al-Qur‟an. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari penilaian hafalan siswa dari pretest hingga test ketiga. Hasil presentase ketuntasan hafalan Al-Qur‟an siswa pada pretest memiliki presentase 35%, tes pertama memiliki presentase 45%, dan pada tes kedua mengalami peningkatan dengan presentase 65% dan pada tes yang ketiga mengalami peningkatan kembali dengan persentase 80%. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode scanning pada hafalan Al-Qur‟an siswa di MTs Mathla‟ul Anwar Pusat Menes memberikan hasil yang lebih baik terhadap aktivitas menghafal siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Al-Qur'an, hafalan siswa, menghafal, metode scanning
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 05 Aug 2025 06:30
Perubahan Terakhir: 05 Aug 2025 06:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17266

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.