Khairunnisa, Ai Nurfahla (2024) Implementasi Seni Kaligrafi (Khat Naskhi) dalam Melatih Kemahiran Menulis Arab Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist (Studi di Kelas VIII MTsN 2 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210020_Cover.pdf Download (183kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210020_Lampiran Depan.pdf Download (779kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210020_Bab I.pdf Download (317kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210020_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (509kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210020_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (126kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210020_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (339kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210020_Bab V.pdf Download (202kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210020_Daftar Pustaka.pdf Download (225kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian seni kaligrafi khat naskhi dalam melatih kemahiran menulis Arab siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist, mengetahui mata pelajaran apa saja yang mendukung proses pembelajaran menulis arab selain mata pelajara Al-Qur’an Hadist, menelaah proses pembelajaran menulis sejauh mata dapat meningkatkan kemahiran menulis arab siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Serang, mengetahui faktor pendukung serta penghambat pembelajaran dalam melatih kemahiran menulis arab siswa. Dan manfaat teoretis penelitian ini diharapkan menjadi bahan pengembangan minat menulis siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist terutama pada kegiatan menulis arab berupa ayat Al-Qur’an maupun hadist. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian yandigunakan adalah metode deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. dimana dalam proses pengumpulan dan pengolahan data menggunakan triangulasi. Pada penelitian ini ada 5 orang siswa kelas VIII serta 2 orang guru mata pelajaran Al-Qur’an hadits dan Bahasa Arab sebagai sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Serang rata rata telah mahir menulis Arab namun dalam penulisan Arab menggunakan seni kaligrafi Khat naskhi hanya beberapa siswa yang menguasainya, oleh sebab itu sekolah diharapkan memberikan wadah untuk pembelajaran menulis yang disertai dengan sentuhan seni kaligrafi di dalamnya agar dapat melatih kemahiran menulis Arab siswa menjadi lebih bagus dan terbaca dengan baik.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Pelaksanaan implementasi seni kaligrafi khat naskhi dalam melatih kemahiran menulis Arab siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Serang pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist sudah ditahap mampu menyambung huruf Arab dengan baik, perkembangan menulis Arab siswa terus berkembang sesuai tahapan proses belajar. Mata pelajaran yang mendukung proses pembelajaran menulis Arab siswa selain Al-Qur’an Hadist, yaitu Bahasa Arab, Fikih dan Akidah Akhlak. Proses Pembelajaran Menulis Arab Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadisr Kelas VIII memiliki 4 fokus pembelajaran Istima’ muharah kalam, muharah Qira’ah dan muharah kitabah (kemahiran menulis). Muharah kitabah berupa Imla mengasah kemampuan daya ingat hafalan dan tulisan. Faktor pendukung berupa Motivasi dan apresiasi guru, latihan yang terus konsisten serta didukun pasilitas sekolah. Faktor penghambat yaitu tidak tersedianya guru pengampu khusus kaligrafi,kurangnya minat siswa serta siswa yang tidak memperhatikan pembelajaran.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Seni kaligrafi, khat naskhi, kemahiran menulis Arab |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 05 Aug 2025 03:49 |
| Perubahan Terakhir: | 05 Aug 2025 03:49 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17261 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
