Sari, Komala (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar (Pre-Eksperimen di Kelas IV SD Islam An-Nur Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240013_Cover.pdf Download (342kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240013_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240013_Bab I.pdf Download (279kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240013_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (309kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240013_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (500kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240013_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (371kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240013_Bab V.pdf Download (201kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240013_Daftar Pustaka.pdf Download (197kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament di kelas IV SD Islam An-Nur Kota Serang. Penelitian ini adalah penelitian parametrik dengan jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen, menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest dengan sampel berjumlah 19 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes berjumlah 10 butir soal esai yang sudah divalidasi sebelumnya dan lembar observasi. Penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila menghasilkan rata-rata sebesar 58,82. Kemudian dianalisis dengan pengujian statistik menggunakan uji paired samples t-test didapat nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari nilai α yaitu 0,05. Sementara rata-rata yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament sebesar 37,37. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Team games tournament, berpikir kreatif, pendidikan pancasila |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 07 Aug 2025 01:39 |
| Perubahan Terakhir: | 07 Aug 2025 01:39 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17254 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
