Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV di MI.

Ratna, Fitri Dwi (2025) Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV di MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240072_COVER.pdf

Download (184kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240072_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_211240072_BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240072_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (340kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240072_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (818kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240072_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (314kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240072_BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240072_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan model Problem Based Learning (PBL). Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi sejauh mana PBL berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest menggunakan 30 siswa sebagai sampel. Penerapan model Problem Based Learning dilakukan selama lima kali pertemuan dalam aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Hasil tes dianalisis menggunakan uji statistik dengan bantuan program IBM SPSS versi 20. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS pada materi perubahan wujud benda.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Pretest-Posttest, Pembelajaran IPAS, Perubahan Wujud Benda.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 28 Jul 2025 08:43
Perubahan Terakhir: 28 Jul 2025 08:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17213

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.