Pengembangan LUPAS (Ludo IPAS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Di Sekolah Dasar

Anggayana, Kheisha Karisma Putri (2025) Pengembangan LUPAS (Ludo IPAS) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Di Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240005_COVER.pdf

Download (155kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240005_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (782kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240005_BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240005_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (299kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240005_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (372kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240005_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (769kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240005_BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240005_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan LUPAS (Ludo IPAS) untuk siswa kelas VI SDN Kedaung Barat II, dengan fokus pada materi benua dan negara. Pengembangan media ini didasarkan pada model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap analisis melibatkan wawancara dan observasi untuk mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya permasalahan dalam keterampilan berpikir kreatif siswa, seperti kurangnya kemampuan berpikir lancar, fleksibel, elaborasi, dan orisinalitas. Tahap pengembangan menghasilkan media LUPAS yang kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi menunjukkan persentase validitas sebesar 93,3%, sedangkan validasi ahli media mencapai 90,6%, keduanya termasuk dalam kategori 'sangat valid'. Implementasi media LUPAS dilakukan di kelas VI SDN Kedaung Barat II, dengan menggunakan desain pra-eksperimental one-group pretest-posttest. Hasil uji N-Gain menunjukkan skor rata-rata 0,6161, yang termasuk dalam kategori "sedang", dan persentase N-Gain sebesar 62%, yang berarti "cukup efektif". Secara keseluruhan, media LUPAS dinilai layak dan cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media LUPAS, Keterampilan Berpikir Kreatif, Peserta Didik.
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 22 Jul 2025 08:39
Perubahan Terakhir: 07 Aug 2025 04:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17181

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.