Saharani, Tasya Putri (2025) Pengembangan Media Flashcard Berbasis Permainan Tradisional Ambreg Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Kubang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240024_COVER.pdf Download (900kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240024_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240024_BAB I.pdf Download (303kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240024_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (565kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240024_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (590kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240024_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (847kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240024_BAB V.pdf Download (164kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240024_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (392kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menerapkan media flashcard berbasis permainan tradisional Banten, Ambreg, guna meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SDN Kubang. Penelitian ini dilakukan dikelas 1 SDN Kubang, yang melibatkan 37 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prosedur pengembangan media flashcard berbasis permainan tradisional Banten Ambreg mengikuti tahapan model ADDIE, dimulai dari analisis kebutuhan siswa, desain media, pengembangan produk melalui validasi ahli media, materi, dan bahasa dalam dua tahap revisi, implementasi dengan media yang digunakan . (2) Media flashcard berbasis permainan tradisional Banten Ambreg dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media didapatkan persentse 94% “Sangat Layak”, ahli materi 98%“ Sangat Layak” dan ahli bahasa 90% “Sangat Layak”.(3) Penerapan media flashcard berbasis permainan tradisional Banten Ambreg secara sistematis, melalui langkah-langkah yang jelas, meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan 37 siswa dinyatakan lulus saat menulis di media flashcard berbasis permainan tradisional Banten Sehingga dapat disimpulkan bahwa media flashcard berbasis permainan tradisional Ambreg layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SDN Kubang.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Flashcard, Permainan Tradisional, Kemampuan Menulis |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 22 Jul 2025 08:06 |
| Perubahan Terakhir: | 22 Jul 2025 08:06 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17178 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
