Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Fitri, Wilda Lailatul (2025) Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240031_COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240031_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (898kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240031_BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240031_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (307kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240031_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (487kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240031_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (912kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240031_BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240031_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Media Kartu Domino untuk siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi yang dilaksanakan oleh peneliti di MI Mathla’ul Huda. Pada saat observasi peneliti menemukan masalah yaitu rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dikarenakan terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang disediakan oleh sekolah untuk mengajarkan keterampilan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, terdapat lima tahap dalam model ini, diantaranya yaitu : 1) analisis (analysis), 2) desain (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation). Sebagaimana hasil penilaian validasi dari beberapa validator ahli media dan ahli materi, diantaranya yaitu validator ahli media memberikan penilaian dengan persentase 86% sedangkan validator ahli materi penilaian dengan persentase 94%. Sedangkan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan media kartu domino masih kurang untuk berpikir secara kritis dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 60,37 sedangkan hasil post-test mendapatkan nilai rata-rata 86,29. Sedangkan hasil dari nilai n-gain didapatkan skor dengan nilai 0,64 dengan persentase 64%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media kartu domino “Cukup Efektif’ dan berpengaruh baik dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kartu Domino, Keterampilan Berpikir Kritis, Peserta Didik.
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 22 Jul 2025 07:19
Perubahan Terakhir: 22 Jul 2025 07:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17176

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.