Nurhadi, Nurhadi (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240089_COVER.pdf Download (186kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240089_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (785kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240089_BAB I.pdf Download (180kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240089_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (244kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240089_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (630kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240089_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (350kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240089_BAB V.pdf Download (157kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240089_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V MI Al-Jauharotunnaqiyah pada materi “Jaring-Jaring Makanan” mata pelajaran IPAS. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa akibat pembelajaran konvensional yang belum melibatkan siswa secara aktif dan reflektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah 33 siswa. Instrumen berupa 15 soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor meningkat dari 51,30 pada pre-test menjadi 82,09 pada post-test. Nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,60 (59,80%) termasuk kategori sedang dan cukup efektif. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan dari model PBL terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kesimpulannya, model Problem Based Learning berpengaruh signifikan dan cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V MI Al-Jauharotunnaqiyah pada mata pelajaran IPAS materi “Jaring- Jaring Makanan”.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, IPAS, Jaring-Jaring Makanan |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 22 Jul 2025 03:47 |
| Perubahan Terakhir: | 22 Jul 2025 03:47 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17168 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
