Fitria, Ninin (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240086_COVER.pdf Download (296kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240086_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (668kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240086_BAB I.pdf Download (310kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240086_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (530kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240086_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (600kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240086_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240086_BAB V.pdf Download (252kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240086_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Media Flashcard untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD kelas IV pada materi gaya dan magnet pembelajaran IPAS. Metode ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dari model pengembangan ADDIE, yang memiliki 5 tahapan pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), Penerapan (Implementation), dan penilaian (Evaluation). Media yang dikembangkan di validasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum melakukan uji coba lapangan awal terhadap peserta didik. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan angket ahli media, ahli materi, observasi wawancara dan dokumentasi. Data hasil dari penelitian dianalisis dengan menggunakan teknis analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 58 dengan persentase 89% dengan kriteria “Baik”, validasi ahli media dengan hasil skor 60 dengan persentase 92% dengan kriteria “Sangat Baik”. Secara keseluruhan media pembelajaran Media flashcard sudah layak untuk digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD kelas IV pada materi gaya dan magnet. Berdasarkan hasil Pre-Test sebelum menggunakan media flashcard dan Post-Test dengan menggunakan media flashcard memperoleh nilai rata- rata 0,79 dengan kriteria tinggi. Dan memperoleh skor persentase N-Gain 78,79% dengan kategori efektif. Maka dengan media pembelajaran flashcard sudah efektif digunakan untuk siswa karena dengan menggunakan media flashcard siswa lebih antusias, menyenangkan, dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran Flashcard, Critical Thinking Skill, Siswa |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 21 Jul 2025 04:47 |
| Perubahan Terakhir: | 21 Jul 2025 04:47 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17161 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
