Pengembangan Media Ludo Pembelajaran IPA Bernuansa Islami pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SD Bani Daud Al Islami

Utami, Shiyam Putri (2024) Pengembangan Media Ludo Pembelajaran IPA Bernuansa Islami pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SD Bani Daud Al Islami. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240036_Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240036_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240036_BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240036_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (590kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240036_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (852kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240036_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (778kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240036_BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240036_Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1.Bagaimana prosedur pengembangan media ludo pembelajaran ipa bernuansa islami pada materi tata surya. 2. Bagaimana kelayakan media ludo pembelajaran ipa bernuansa islami pada materi tata surya mengetahui pengembangan media ludo pembelajaran IPA bernuansa islami materi tata surya. 3. Bagaimana efektifitas media ludo pembelajaran ipa bernuansa islami pada materi tata surya. untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa V Sekolah Dasar . Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Prosedur pengembangan media ludo pembelajaran IPA materi tata surya dilakukan dengan lima langkah:(1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. 2. Hasi analisis kelyakan media ludo berdasarkan uji validasi produk dinyatakan bawah media ludo pembelajaran ipa bernuansa islami sangat layak. Data yang diperoleh 1) validasi ahli media ludo memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat layak. 2) validasi ahli materi diperoleh 81% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uji validitas produk dinyatakan bahwa media ludo pembelajaran ipa sangat layak 85% digunakan sebagai media pembelajaran ipa bernuansa materi tata surya untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas V. 3. Hasil analisis efektifitas dilakukannya uji coba menggunakan rumus N-Gain kepada 24 siswa dalam menggunakan soal pretest dan Posttes maka hasil yang didapat menunjukan bahwa media ludo pembelajaran ipa 0,60 sedang atau di presentasikan menjadi 60% dengan kategori cukup efektif. Jadi disimpulkan bahwa penggunaan media ludo sangat layak dan cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemampian berfikir kreatif siswa pada materi tata surya kelas V SD/MI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Ludo Pembelajaran IPA
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Jul 2025 02:56
Perubahan Terakhir: 21 Jul 2025 02:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17153

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.