Pengembangan Media Kartu Domino Penjumlahan pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas II SD

Sefriarni, Frisca (2025) Pengembangan Media Kartu Domino Penjumlahan pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas II SD. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240035_Cover.pdf

Download (211kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240035_Lampiran Depan.pdf

Download (862kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240035_BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240035_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (431kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240035_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (538kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240035_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_211240035_BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240035_Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas II SD/MI hal ini disebabkan kesulitan siswa untk memecahkan soal cerita matematika. Selain itu, media yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika materi penjumlahan kurang inovatif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tahapan pengembangan kartu Domino penjumlahan, 2) mengetahui kelayakan media kartu Domino penjumlahan, 3) mengetahui efektifitas media kartu Domino terhadap perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa kelas II SD/MI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau resea (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini adalah: 1) tahapan yang digunakan sistematis sesuai dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). 2) kelayakan media kartu Domino penjumlahan memperoleh hasil 90% dikategorikan sangat layak oleh ahli materi dan ahli media. 3) efektifitas media kartu Domino terhadap keterampilan berpikir kritis memperoleh hasil N-gain 0,79 kategori tinggi atau dalam bentuk presentase yaitu 79,4 termasuk kriteria efektif, sehingga media kartu Domino penjumlahan dinilai efektif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas II SD/MI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Jul 2025 07:49
Perubahan Terakhir: 16 Jul 2025 07:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.