Sefriarni, Frisca (2025) Pengembangan Media Kartu Domino Penjumlahan pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas II SD. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240035_Cover.pdf Download (211kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240035_Lampiran Depan.pdf Download (862kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240035_BAB I.pdf Download (310kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240035_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (431kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240035_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (538kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240035_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240035_BAB V.pdf Download (257kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240035_Daftar Pustaka.pdf Download (277kB) |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas II SD/MI hal ini disebabkan kesulitan siswa untk memecahkan soal cerita matematika. Selain itu, media yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika materi penjumlahan kurang inovatif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tahapan pengembangan kartu Domino penjumlahan, 2) mengetahui kelayakan media kartu Domino penjumlahan, 3) mengetahui efektifitas media kartu Domino terhadap perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa kelas II SD/MI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau resea (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini adalah: 1) tahapan yang digunakan sistematis sesuai dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). 2) kelayakan media kartu Domino penjumlahan memperoleh hasil 90% dikategorikan sangat layak oleh ahli materi dan ahli media. 3) efektifitas media kartu Domino terhadap keterampilan berpikir kritis memperoleh hasil N-gain 0,79 kategori tinggi atau dalam bentuk presentase yaitu 79,4 termasuk kriteria efektif, sehingga media kartu Domino penjumlahan dinilai efektif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas II SD/MI.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 16 Jul 2025 07:49 |
| Perubahan Terakhir: | 16 Jul 2025 07:49 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17136 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
