Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran Pokok Bahasan Nilai Tempat Bilangan terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas III MI Islamiyah Ciwaru

Nurzahra, Siti (2025) Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran Pokok Bahasan Nilai Tempat Bilangan terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas III MI Islamiyah Ciwaru. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240048_Cover.pdf

Download (359kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240048_Lampiran Depan.pdf

Download (934kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240048_BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240048_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (374kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240048_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (399kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240048_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (430kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240048_BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240048_Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran pokok bahasan nilai tempat bilangan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas III. Penelitian ini dilakukan di MI Islamiyah Ciwaru, Tahun pelajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan model project based learning lebih tinggi dari pada peserta didik yang menggunakan model ceramah. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan taraf signifikansi α 5%. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig posttest 0,000 < 0,05 artinya Hα ditolak dan H1 diterima. oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning (Pjbl) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Jul 2025 07:55
Perubahan Terakhir: 15 Jul 2025 07:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17135

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.