Renaldi, Renaldi (2025) Penerapan Pembelajaran Tahsin Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Pada Pelafalan Makhorijul Huruf Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Daar El Fikri Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210022_COVER.pdf Download (316kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210022_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (656kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210022_BAB I.pdf Download (465kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210022_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (740kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210022_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (376kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210022_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210022_BAB V.pdf Download (209kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210022_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang Penerapan Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Pondok Pesantren Daar El Fikri Serang Bnaten. 2) Untuk meningkatkan kemempuan santri dalam membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Daar El Fikri Serang Banten. 3) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan hambatan dalam Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Daar El Fikri Serang Banten. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, Dokumentasi dan Wawancara. Peneliti menggunakan analisis data triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) penerapan pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Pondok Pesantren Daar El Fikri menunjukkan bahwa adanya perubahan atau dengan kata lain memiliki dampak yang begitu besar dalam perkembangan bagi para santri, dalam pembelajaran Tahsin Al-Qur’an. 2) Kemampuan santri pada pelafalan makhorijul huruf Al-Qur’an dengan melalui pertemuan yang dilakukan satu minggu dua kali pertemuan sangat membantu meningkatkan perkembangan kemampuan santri pada pelafalan makhorijul huruf Al-Qur’an serta mampu meningkatkan minat dan semangat belajar dalam membaca Al-Qur’an, karena dengan adanya kajian rutin yang dilakukan oleh guru dan murid mampu menghadirkan keseriusan dan konsentrasi dalam pelafalan makhorijul huruf Al-Qur’an. 3) Faktor penghambat dalam pelafalan makhorijul huruf Al-Qur’an yaitu : Masih banyaknya anak yang kemampuan membaca Al-Qur’annya belum baik, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang terbatas, Kurangnya tenaga pendidik Sarana dan prasarana.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran Kitab Tahsin, Kemampuan Santri dan Makhrojil Huruf Al Qur’an |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 09 Jul 2025 03:45 |
| Perubahan Terakhir: | 09 Jul 2025 03:45 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17118 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
