Basyiroh, Bilqois (2025) Pengaruh Penerapan Metode Talaqi terhadap Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Siswa (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII MTs Nurul Qur’an Jakarta Barat). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210048_Cover.pdf Download (315kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210048_Lampiran Depan.pdf Download (946kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210048_Bab I.pdf Download (490kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210048_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (628kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210048_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (422kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210048_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (597kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210048_Bab V.pdf Download (161kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210048_Daftar Pustaka.pdf Download (225kB) |
Abstrak
Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak siswa di MTs Nurul Qur’an yang belum fasih dalam membaca Al-Qur'an, khususnya pada kelas VIII hal itu karena latar belakang para siswa yang berasal dari sekolah dasar yang kurang memperhatikan pembelajaran tahsin Al-Qur'an. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mengetahui kemampuan tahsin Al Qur’an siswa sebelum dan sesudah penerapan konvensional pada kelas control, 2. Kemampuan tahsin Al-Qur’an siswa sebelum dan sesudah penerapan Talaqi pada kelas eksperimen, 3. Untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Talaqi terhadap kemampuan tahsin siswa pada mata pelajaran tahsin di kelas VIII MTs Nurul Qur’an Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif, dengan sampel penelitian kepada kelas VIII A (Kelas Eksperimen) yang berjumlah 32 Siswa dan VIII B (Kelas Kontrol) yang berjumlah 32 Siswa dan juga guru mata pelajaran Tahsin dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui pre-test, post-test dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Hasil penelitian, diketahui bahwa nilai mean 70,15 ; median 69,5 ; modus 58,5 ; Chi Kuadrat (x2) hitung 4,686 dimana (x2)hitung < (x2)tabel, dimana kelas berdistribusi normal. 2. Hasil penelitian, diketahui bahwa nilai mean 73,25 ; median 69,05 ; modus 72,62 ; Chi Kuadrat (x2) hitung 7,526 dimana (x2)hitung < (x2)tabel, dimana kelas berdistribusi normal 3. Metode pembelajaran Talaqi secara signifikan mempengaruhi kemampuan tahsin Berdasarkan Hasil pengujian hipotesis uji t untuk kelas kontrol dan eksperimen sebelum melakukan pembelajaran menggunakan metode talaqi diperoleh nilai thitung 2,29 dan ttabel 2,002 maka thitung > ttabel sehigga H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukan terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum menggunakan metode talaqi. perbedaan ini menunjukan efektivitas pebelajaran kelas eksperimen lebih rendah daripada kelas kontrol. Namun setelah diterapkan metode talaqi untuk kelas eksperimen diperoleh nilai thitung 1,68 dan ttabel 2,002 maka thitung < ttabel sehinggu H0 diterima dan Ha ditolak, hal ini menunjukan tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dilakukan metode talaqi karena hasil belajar siswa kelas eksperimen sudah sama dengan kelas kontrol. Dan ini membuktikan bahwa metode talaqi dapat meningkatkan kemampuan tahsin Al-Qur’an siswa dalam mata pelajaran tahsin.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Talaqi, tahsin |
| Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.12 Ilmu-ilmu qiraat > 2x1.121 Tajwid |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 01 Jul 2025 05:31 |
| Perubahan Terakhir: | 01 Jul 2025 05:31 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17067 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
