Nupus, Muplihatun (2025) Pengembangan Media Monopoli Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240025_Cover.pdf Download (188kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240025_Lampiran Depan.pdf Download (831kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240025_Bab I.pdf Download (262kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240025_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (322kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240025_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (367kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240025_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (913kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240025_Bab V.pdf Download (161kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240025_Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media monopoli yang layak dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1, yang melatar belakangi penelitian ini adalah kemampuan membaca, mengingat huruf angka, lambang dalam penyebutan belajar membaca. rendahnya kemampuan membaca permulaan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development ( R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE ( analysis, design, Development, implementation, and evaluation).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media monopoli yang dikembangkan termasuk kedalam kriteria “Sangat Layak” dari dosen ahli media memproleh skor 45 dari skor maksimal 45 sehingga mendapat presentase 90%. Penilaian dosen ahli materi memproleh skor 34 dari skor maksimal 35 dengan presentase 97,170 %’. Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada peserta didik dengan menggunakan teknik nonpronability sampel penelitian (purposive sampling) siswa berjumlah 3 orang dengan nilai rata-rata N-Gain 0,72 dengan kriteria 72,22 dengan kategori cukup efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media monopoli berbasis budaya lokal untuk meningkatkan kemapuan membaca permulaan bagi siswa sekolah dasar kelas 1 layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media monopoli, kemampuan membaca permulaan, ADDIE |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 18 Jun 2025 11:47 |
| Perubahan Terakhir: | 18 Jun 2025 11:48 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17005 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
