Winataputri, Nur Aprilia (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Diferensiasi Proses dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210117_Cover.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210117_Lampiran Depan.pdf Download (281kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210117_Bab I.pdf Download (430kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210117_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (548kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210117_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (721kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210117_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210117_Bab V.pdf Download (92kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210117_Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) |
Abstrak
Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran diferensiasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang. Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran diferensiasi proses dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang. Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran diferensiasi proses mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes pretest dan postest pada siswa kelas IX SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang, populasi pada penelitian ini terdiri dari 11 rombongan belajar dengan jumlah 390 siswa sedangkan sampel penelitian ini terdiri dari kelas 9K dengan jumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 9J dengan jumlah 34 sebagai kelas kontrol Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat efektivitas kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 75,59% sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai 45,7% dan pelaksanaan model pembelajaran diferensiasi proses dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai nilai Sig < 0,001 sedangkan nilai pre-test diperoleh rata-rata hasil belajar atau mean sebesar 11,92 dan nilai post-test diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 17,27. Kesimpulan pada penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas model pembelajaran diferensiasi menunjukan bahwa kelas eksperimen memiliki tingkat kriteria yang efektif dan kelas kontrol dengan kriteria kurang efektif dan pelaksanaan penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah dilakukan penerapan pembelajaran diferensiasi.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Model pembelajaran berdiferensiasi, pendidikan agama Islam dan budi pekerti, hasil belajar |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 18 Jun 2025 11:23 |
| Perubahan Terakhir: | 18 Jun 2025 11:23 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17004 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
