Pengaruh Media Kantong Bilangan terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Tunagrahita di SKHN 01 Kota Serang

Meliyanti, Eka (2025) Pengaruh Media Kantong Bilangan terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Tunagrahita di SKHN 01 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240023_Cover.pdf

Download (245kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240023_Lampiran Depan.pdf

Download (760kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240023_Bab I.pdf

Download (337kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240023_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (381kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240023_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (544kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240023_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (530kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240023_Bab V.pdf

Download (349kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240023_Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa kelas V SKHN 01 Kota Serang serta mengukur pengaruh penggunaan media kantong bilangan terhadap peningkatan minat belajar mereka. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest- posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa tunagrahita, dengan sampel yang dipilih secara purposive sampling, yaitu 10 siswa kelas V tunagrahita. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan media kantong bilangan, minat belajar siswa berada dalam kategori sedang dengan rata-rata skor 22,20, serta partisipasi siswa dalam pembelajaran tergolong rendah. Pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan taraf signifikan 0,05 menghasilkan nilai sig. (2-tailed) = 0,005, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, H◻ ditolak dan H◻ diterima, yang mengindikasikan bahwa media kantong bilangan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa tunagrahita.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kantong bilangan, minat belajar siswa, siswa tunagrahita
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 18 Jun 2025 10:03
Perubahan Terakhir: 18 Jun 2025 10:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17001

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.