Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPAS Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ciwaru.

Soyhah, Elsa (2025) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPAS Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ciwaru. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240041_COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240041_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (820kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240041_BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240041_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (661kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240041_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (485kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240041_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (413kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240041_BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240041_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPAS dengan materi Wujud Zat dan Perubahannya di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ciwaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data tes uraian dan observasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: Data diperoleh melalui pretest dan posttest yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (86,63) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (63,27), yang mengindikasi adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model discovery learning. Analisis statistik menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa perbedaan nilai pretest dan posttest kedua kelompok signifikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Discovery learning, berpikir kritis, IPAS
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 18 Jun 2025 04:02
Perubahan Terakhir: 18 Jun 2025 04:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16997

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.