Azzahra, Sausan (2024) Analisis Hubungan Pola Komunikasi Orangtua terhadap Hasil Belajar Anak SD di Era Digital. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_201240089_Cover.pdf Download (127kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240089_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240089_Bab I.pdf Download (172kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240089_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (323kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240089_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (305kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240089_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (222kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240089_Bab V.pdf Download (11kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240089_Daftar Pustaka.pdf Download (242kB) |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola komunikasi orang tua terhadap hasil belajar anak sd di era digital studi di kelas VI SD Negeri Anyar 4. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan sampel siswa-siswi kelas VI D yang berjumlah 29 orang beserta orang tuanya. Data pada penelitian yang sudah didapat dianalisis ini diperoleh dari pengisian angket pola komunikasi orang tua terhadap hasil belajar anak sd di era digital dengan jumlah masing-masing 25 pernyataan untuk siswa-siswi beserta orang tuanya. Hasil dari penelitian perhitungan angket didapat 5 orang tua yang berpola komunikasi permisif, 10 orang tua yang berpola komunikasi otoriter, dan 14 orang tua yang bepola komunikasi demokratis. Berdasarkan penelaahan nilai- nilai tersebut, untuk orang tua yang berpola komunikasi permisif nilai anaknya tidak terlalu buruk. Kemudian, untuk orang tua yang berpola komunikasi otoriter nilai anaknya cukup baik, dan untuk orang tua yang berpola komunikasi demokratis nilai anaknya cukup bagus. Dapat disimpulkan bahwa hubungan pola komunikasi orang tua terhadap hasil belajar anak SD di era digital ini (Studi Kasus Di Kelas VI SD Negeri Anyar 4) yaitu mengarahkan, mendidik anaknya dengan pola komunikasi yang baik untuk anaknya. Orang tua menggunakan teknologi saat ini bukan hanya untuk bermain, tetapi juga untuk belajar hal baru. Jika orang tua menggunakan teknologi dengan baik, mereka akan memberikan wawasan yang luas kepada anak mereka, bersama dengan arahan dan praktik pengasuhan yang baik.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pola komunikasi, hasil belajar, era digital |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 17 Jun 2025 04:24 |
| Perubahan Terakhir: | 17 Jun 2025 04:24 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16991 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
