Aulia, Lina (2025) Pengembangan Media Pop-Up Book Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Caringin 1 Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240079_COVER.pdf Download (193kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240079_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (857kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240079_BAB I.pdf Download (250kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240079_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (292kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240079_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (679kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240079_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (837kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240079_BAB V.pdf Download (96kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240079_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media Pop-Up Book pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis serta mengetahui kelayakan dari validator, guru dan peserta didik. penelitian ini dilakukan di Kelas V SD Negeri Caringin 1 yang melibatkan 20 peserta didik dan seorang pendidik. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Model Penelitian ADDIE memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penilaian kelayakan yang didapatkan dari validator memperoleh nilai rata-rata 85%, hasil reliabilitas tersebut sudah memenuhi kriteria yaitu 80% dan termasuk sangat layak. Serta hasil uji coba kepada peserta didik menunjukkan efektivitas memperoleh nilai rata-rata 85. Hasil uji-t dengan metode dependent sample t-test, dapat diperoleh nilai Signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara skor pre-test dan post-test. Dengan ini dapat dikategorikan bahwa media Pop-Up Book efektif dalam meningkatkan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika untuk siswa Sekolah Dasar.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media Pop-Up Book, Berpikir Kritis, Materi Bangun ruang |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 17 Jun 2025 04:22 |
| Perubahan Terakhir: | 17 Jun 2025 04:22 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16990 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
