Pengaruh Penggunaan Media Tangram Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Kumfardiah, Kumfardiah (2025) Pengaruh Penggunaan Media Tangram Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_211240012_COVER.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
S_PAI_211240012_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_211240012_BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Teks
S_PAI_211240012_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (573kB)
[img] Teks
S_PAI_211240012_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (594kB)
[img] Teks
S_PAI_211240012_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (594kB)
[img] Teks
S_PAI_211240012_BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Teks
S_PAI_211240012_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Tangram terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi-Eksperimental Design) lebih spesifiknya Pretest-Posttest Control Group Design. Setelah data terkumpul Selanjutnya, pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t dua sampel independen atau uji Independent Samples t-test. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive, dengan kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media Tangram dan kelas V B sebagai kelas kontrol tidak menggunakan media tambahan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan hasil perhitungan SPSS versi 20, uji hipotesis parametrik dengan uji Independent Samples t-test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media tangram terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Keterampilan Berpikir Kreatif, Media Pembelajaran dan Tangram
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 16 Jun 2025 09:01
Perubahan Terakhir: 16 Jun 2025 09:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16986

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.