Kumfardiah, Kumfardiah (2025) Pengaruh Penggunaan Media Tangram Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_211240012_COVER.pdf Download (192kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211240012_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PAI_211240012_BAB I.pdf Download (341kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211240012_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (573kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211240012_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (594kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211240012_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (594kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211240012_BAB V.pdf Download (318kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211240012_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Tangram terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi-Eksperimental Design) lebih spesifiknya Pretest-Posttest Control Group Design. Setelah data terkumpul Selanjutnya, pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t dua sampel independen atau uji Independent Samples t-test. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive, dengan kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media Tangram dan kelas V B sebagai kelas kontrol tidak menggunakan media tambahan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan hasil perhitungan SPSS versi 20, uji hipotesis parametrik dengan uji Independent Samples t-test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media tangram terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Keterampilan Berpikir Kreatif, Media Pembelajaran dan Tangram |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 16 Jun 2025 09:01 |
| Perubahan Terakhir: | 16 Jun 2025 09:01 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16986 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
