Prayogo, Agung (2022) Hubungan Kemampuan Hafal Al-Qur’an dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMP Ardaniah Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_161210142_Cover.pdf Download (76kB) |
|
|
Teks
S_PAI_161210142_Lampiran Depan.pdf Download (3MB) |
|
|
Teks
S_PAI_161210142_BAB I.pdf Download (191kB) |
|
|
Teks
S_PAI_161210142_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (306kB) |
|
|
Teks
S_PAI_161210142_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (250kB) |
|
|
Teks
S_PAI_161210142_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (372kB) |
|
|
Teks
S_PAI_161210142_BAB V.pdf Download (115kB) |
|
|
Teks
S_PAI_161210142_Daftar Pustaka.pdf Download (155kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan hafalan al-Qur’an siswa SMP Ardaniah Kota Serang, untuk mengetahui hasil belajar siswa SMP Ardaniah Kota Serang, untuk mengetahui hubungan kemampuan hafalan al-Qur’an dengan hasil belajar siswa SMP Ardaniah Kota Serang.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa di SMP Ardaniah Kota Serang termasuk dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan skala pengukuran pada setiap butir kuesioner diperoleh nilai rata-rata 252 berada pada skala interval 241–297 berada pada kategori “Baik”, prestasi belajar siswa SMP Ardaniah Kota Serang termasuk dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata siswa/siswi SMP Ardaniah Kota Serang sebesar 73,16. Hasil tersebut bila ditafsirkan sesuai dengan hasil belajar siswa (raport), nilai 70 ke atas berarti baik, hubungan antara kemampuan hafalan Al-Qur’an dan prestasi belajar siswa di SMP Ardaniah Kota Serang diperoleh nilai sebesar 2.392 > 1,667 hal ini dapat disimpulkan bahwa hafalan Al-Qur’an memiliki hubungan dengan variabel prestasi belajar. Adapun besarnya hubungan berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0.078, ini menunjukkan bahwa variabel prestasi belajar yang dapat dijelaskan oleh variabel hafalan Al-Qur’an sebesar 7,8%,. Sedangkan sisanya sebesar 92.2%. dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Kemampuan Hafalan Al-Qur’an, Hasil Belajar |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 16 Jun 2025 03:29 |
| Perubahan Terakhir: | 16 Jun 2025 03:29 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16974 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
