Peran Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Serang dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Serang

Salaf, Fauzan Asaris (2025) Peran Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Serang dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Serang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_PAI_222621103_Cover.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
T_PAI_222621103_Lampiran Depan.pdf

Download (791kB)
[img] Teks
T_PAI_222621103_Bab I.pdf

Download (401kB)
[img] Teks
T_PAI_222621103_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (962kB)
[img] Teks
T_PAI_222621103_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (427kB)
[img] Teks
T_PAI_222621103_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (528kB)
[img] Teks
T_PAI_222621103_Bab V.pdf

Download (222kB)
[img] Teks
T_PAI_222621103_Daftar Pustaka.pdf

Download (332kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Kurikulum Merdeka Belajar pada materi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penguatan karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Serang dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Serang. Pendekatan kurikulum ini menekankan fleksibilitas pembelajaran, diferensiasi, dan pengembangan karakter melalui nilai-nilai keagamaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada materi PAI di kedua madrasah tersebut telah berhasil mengintegrasikan pembelajaran berbasis karakter, seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kerja sama. Hal ini tercermin dalam peningkatan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai agama yang relevan dengan tantangan zaman. Selain itu, dukungan dari guru, fasilitas, serta keterlibatan orang tua turut memperkuat keberhasilan implementasi kurikulum ini. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru dan optimalisasi materi berbasis projek untuk keberlanjutan penguatan karakter siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kurikulum merdeka belajar, pendidikan agama Islam, penguatan karakter
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 10 Jun 2025 07:59
Perubahan Terakhir: 10 Jun 2025 07:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16964

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.