Mufera, Mufera (2024) Efektivitas Manajemen Pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_191250061_Cover.pdf Download (189kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250061_Lampiran Depan.pdf Download (487kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250061_Bab I.pdf Download (304kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250061_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (373kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250061_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (111kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250061_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (425kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250061_Bab V.pdf Download (160kB) |
|
|
Teks
S_MPI_191250061_Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) |
Abstrak
Pendidikan merupakan aspek penting bagi kehidupan, pendidikan juga sebagai bentuk usaha yang dilakukan manusia untuk menggapai cita-cita untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.Dengan demikian untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, perlu adanya peningkatan efektivitas belajar mengajar disekolah. Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas belajar mengajar dengan manajemen pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara, adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui rencana pengelolaan manajemen pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara. 2) Untuk mengetahui pelakasanaan manajemen pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengelolaan manajemen pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara. 4) Untuk mengetahui masalah dalam pengelolaan manajemen pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara. 5) Untuk mengetahui cara mengatasi masalah pengelolaan manajemen pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara. 6) Untuk mengetahui hasil pengelolaan manajemen Pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun wawancara dilakukan di SMP Negeri 2 Bojonegara.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan 1) manajemen pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara sudah meliputi tahap perencanaan.Perencanaan yang dilakukan dengan mengadakan rapat awal tahun di tahun ajaran baru. 2)Pelaksanaan manajemen pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara dilaksanakan sesuai pedoman yang telah di buat diawal tahun ajaran baru. 3) Adanya faktor pendukung dan penghambat yang timbul dalam pengelolaan pembelajaran. Adapun faktor yang mempengaruhinya berasal dari guru, peserta didik, keadaan keluarga dan fasilitas yang tersedia sepeti sarana dan prasarana. 4) Adanya masalah yang ditemukan dalam pengelolaan manajemen di SMP Negeri 2 Bojonegara diantaranya, hal yang berkaitan dengan guru, wewenang sekolah dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. 5) Cara mengatasi masalah pengelolaan manajemen pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara dengan mengadakan evaluasi dan perbaikan SDM, baik peningkatan mutu pendidik dan pemberian sanksi kepada peserta didik yang melanggar peraturan. 6) Hasil pengelolaan manajemen pembelajaran di SMP Negeri 2 Bojonegara dapat dilihat dari capaian-capaian pembelajaran yang dapat dilihat melalui nilai yang terdapat pada rapot sekolah dan siswa.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Efektivitas, manajemen pembelajaran |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 10 Jun 2025 03:09 |
| Perubahan Terakhir: | 10 Jun 2025 03:09 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16955 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
