Marliana, Ira (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Berbantuan Canva Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Dongeng Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Eksperimen Kelas IV di Sekolah Dasar Islam An-Nur). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240044_COVER.pdf Download (339kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240044_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (832kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240044_BAB I.pdf Download (258kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240044_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (430kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240044_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (322kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240044_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (388kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240044_BAB V.pdf Download (90kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240044_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran audiovisual berbantuan canva terhadap keterampilan menyimak cerita dongeng mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas IV di SD Islam An-Nur). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen murni dengan desain Non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu SD Islam An-Nur di kota serang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas IV Imam Hanafi dan kelas IV Imam Malik yang terdiri dari 23 siswa/i kelas eksperimen dan 23 siswa/i kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan tes dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes uraian dengan Pretest dan Posttest. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan uji analisis statistik deskriptif yaitu uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya di uji dengan menggunakan uji prasyarat analisi yaitu uji-t dengan uji independent t-test. Hasil penelitian ini didapat dengan nilai sig. (2-tailed) Equal Variance Assumed memperoleh 0.000 yang menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 atau dengan kata lain hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha/H1) diterima. Artinya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual berbantuan canva lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan media konvensional. Oleh karena itu media pembelajaran audiovisual berbantuan canva berpengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Islam An-Nur.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran Audiovisual, Keterampilan Menyimak, Bahasa Indonesia. |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Jun 2025 07:31 |
| Perubahan Terakhir: | 10 Jun 2025 04:42 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16950 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
