Safitri, Aida (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV MI Islamiyah Ciwaru. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240065_COVER.pdf Download (218kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240065_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (874kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240065_BAB I.pdf Download (253kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240065_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (238kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240065_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (385kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240065_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (340kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240065_BAB V.pdf Download (171kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240065_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV MI Islamiyah Ciwaru. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV Syarif Hidayatullah sebagai kelas kontrol dan kelas IV Sultan Maulana Hasanuddin sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 61 siswa secara keseluruhan. Data diperoleh dengan cara memberikan tes berupa soal esai kepada siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, data uji hipotesis menggunakan independent sample t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 sehingga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain “Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV MI Islamiyah Ciwaru"
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Model Pembelajaran, Inquiry Based Learning, Berpikir Kritis. |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Jun 2025 04:21 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Jun 2025 04:21 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16948 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
