Alfaeni, Gina Gusfatiani (2024) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI (Studi Eksperimen di MTs Al-Fathaniyah Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210076_Cover.pdf Download (385kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210076_Lampiran Depan.pdf Download (684kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210076_Bab I.pdf Download (397kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210076_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (616kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210076_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (603kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210076_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (620kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210076_Bab V.pdf Download (258kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210076_Daftar Pustaka.pdf Download (322kB) |
Abstrak
Skripsi ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kontekstual; 2) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Sampel dalam penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan VIII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis independent sample t-test, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan hasil uji independent sample t-test post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. sebesar 0.00 < 0,05. Kedua, pembelajaran talking chips lebih efektif meningkatkan prestasi belajar SKI siswa. Hal ini berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Square) kelas eksperimen sebesar 32.7%, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 22%. Dari hasil penelitian ini diharapkan pembelajaran kooperatif tipe talking chips dapat membantu siswa-siswi di MTs. Al Fathaniyah Kota Serang dalam meningkatkan prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran kooperatif, talking chips, prestasi belajar siswa, SKI MTs |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Jun 2025 03:13 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Jun 2025 03:13 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16944 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
