Pengembangan Media Smartbox Berbasis Budaya Lokal Banten untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Bagi Siswa Kelas IV ( R&D dikelas IV SDN Pasir Muncang II) .

Dalilah, Ihda Wardani (2024) Pengembangan Media Smartbox Berbasis Budaya Lokal Banten untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Bagi Siswa Kelas IV ( R&D dikelas IV SDN Pasir Muncang II) . Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240079_COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240079_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (536kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240079_BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240079_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (579kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240079_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (696kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240079_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240079_BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240079_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk, untuk mengetahui pemahaman siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dari model pengembangan ADDIE. Tahapan ini memiliki 4 tahapan pengembangan yaitu analisis (analysis), desain (Design), pengembangan (Develpment), implementasi (Implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, pre-test, post-test, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media smartbox berbasis budaya lokal banten layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase penilaian dari ahli materi 84% dan presentase penilaian dari ahli media 83 % yang menunjukan kategori baik, tingkat keefektifan diambil dari angket respon kepada 20 siswa mendapatkan penilaian 90,15% dengan kreteria sangat baik, kemudian yang dilakukan oleh wali kelas sebagai pengamat pada saat berlangsungnya proses uji coba lapangan mendapat penilaian 92% dengan kriteria sangat baik, sedangkan untuk mengukur peningkatan hasil belajar dilakukan dengan pretest dan posttest. Dilihat dari ketuntasan belajar siswa, media smartbox berbasis budaya lokal banten memperoleh nilai N-Gain 0,71 yang menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dan media smartbox berbasis budaya lokal banten ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Smartbox berbasis Budaya Lokal, Research and Development, hasil belajar.
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 03 Jun 2025 08:20
Perubahan Terakhir: 17 Jun 2025 03:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16940

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.