Pengembangan LKPD Berbasis Pertanyaan Produktif, Imajinatif, dan Terbuka untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas III SDN Ujung Tebu 3

Najiah, Hamizatun (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Pertanyaan Produktif, Imajinatif, dan Terbuka untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas III SDN Ujung Tebu 3. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240026_Cover.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240026_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240026_Bab I.pdf

Download (425kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240026_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (452kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240026_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (383kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240026_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240026_Bab V.pdf

Download (175kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240026_Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penelitian dan kelayakan dari produk yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan dari Thiagarajan yaitu model 4D yang terdiri atas empat tahap, yakni: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Validasi produk pada penelitian ini dilihat dari analisis angket validator, kemudian melakukan perbaikan atas komentar dan masukan dari validator sebanyak tiga kali. Penilaian kelayakan produk pada penelitian ini selain dengan penilaian rata-rata juga menggunakan persentase IRR yang menunjukkan kesepakatan antar penilai terhadap tingkat kelayakan suatu produk. Berdasarkan pengujian reliabilitas yang telah dilakukan menghasilkan IRR 85% artinya produk dapat dikategorikan layak. Sedangkan, hasil analisis terhadap angket ahli mendapatkan skor rata-rata produk yaitu 4,6 dengan nilai pada aspek materi memperoleh nilai 4,9, pada aspek desain pembelajaran memperoleh nilai 4,1 dan pada aspek desain media memperoleh nilai 5. Jadi dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis pertanyaan produktif, imajinatif, dan terbuka untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas III SDN Ujung Tebu 3 layak digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): LKPD, produktif imajinatif terbuka, berpikir tingkat tinggi
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 03 Jun 2025 07:59
Perubahan Terakhir: 03 Jun 2025 07:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16939

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.