Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karundang 1 Kota Serang

Rokayah, Siti (2025) Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karundang 1 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240001_COVER.pdf

Download (247kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240001_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (723kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240001_BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240001_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (294kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240001_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (436kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240001_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (345kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240001_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240001_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri pada pembelajaran atematika terhadap keterampilan berpikir analitis siswa kelas IV SDN Karundang 1. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe pre-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest One Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV SDN Karundang 1. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, homogenits, dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 71,24 dan nilai rata-rata postest sebesar 76,36. Hal ini menunjukkan bahwa ada perubahan nilai rata-rata pretest dan postest ke arah yang lebih baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis bahwa nilai sig. sebesar 0,001 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05) yang menyatakan bahwa Ha diterima sehingga model inkuiri berpengaruh terhadap keterampilan berpikir analitis siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Inkuiri, Berpikir Analitis, Matematika
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 03 Jun 2025 06:53
Perubahan Terakhir: 03 Jun 2025 06:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16931

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.